MODUL BAHASA ARAB
اللغة العربية
SMK AL
IKHWANIYAH
KLS X
PENDAHULUAN
Bahasa Arab merupakan Bahasa yang
digunakan secara luas di planet ini, digunakan sebagai Bahasa utama oleh lebih
dari 200 juta orang di 22 negara. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua di
Negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam; salah satu
agama besar dunia yang dianut lebih dari 1 Milyar orang. Bahasa Arab juga sudah
menjadi bahasa tetap / resmi di Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).
Pendidikan bahasa Arab di
Indonesia sudah diajarkan mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Secara
teoritis, paling tidak ada empat orientasi pendidikan bahasa Arab tersebut,
yaitu (1) Orientasi religius, yaitu belajar bahasa Arab untuk tujuan memahami
dan memahamkan ajaran Islam; (2) Orientasi akademis, yaitu belajar bahasa Arab
untuk tujuan memahami ilmu-ilmu dan keterampilan berbahasa Arab yang
menempatkan bahasa Arab sebagai disiplin ilmu atau obyek studi yang harus
dikuasai secara akademik; (3) Orientasi professional; dan (4) Orientasi
ideologis dan ekonomis.
Yang dimaksud dengan orientasi
professional adalah belajar bahasa Arab untuk kepentingan profesi, praktis atau
pragmatis seperti belajar berkomunikasi lisan dalam bahasa Arab untuk bisa
menjadi TKI, diplomat, turis, misi dagang, atau untuk melanjutkan studi di
salah satu Negara Timur Tengah. Sedangkan orientasi ideologis dan ekonomis
adalah belajar bahasa Arab untuk kepentingan orientalisme, kapitalisme, atau
imperialism. Orientasi ini terlihat dari dibukanya beberapa lembaga kursus
bahasa Arab di Negara-negara Barat.
Mempelajari Bahasa Arab bagi
orang Indonesia (baca: kaum muslimin) pada umumnya mempunyai kepentingan ganda.
Pertama, penting bagi mereka yang ingin memperoleh kemudahan dan kesuksesan
dalam usahanya mencari ilmu dan nafkah. Kedua, penting bagi kita semua dalam
kaitannya dengan keharusan untuk dapat menjalankan perintah agama dengan
sempurna. Yang terakhir ini perlu diberi penekanan khusus mengingat
kenyataannya ada sejumlah kewajiban syariat yang hanya dapat dipenuhi secara
sempurna apabila kita memahami Bahasa Arab.
penulis
Subhan Al Afghani,S.S
A. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
B. Deskripsi
Modul ini adalah modul
pembelajaran Bahasa Arab yang disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan
peserta didik di SMK AL Ikhwaniyah. Di dalamnya disajikan sejumlah materi untuk
membantu siswa kelas X mempelajari Empat
macam standar kompetensi yang harus dikuasainya selama semester ganjil sesuai
dengan K13 SMK AL Ikhwaniyah. Empat Standar Kompetensi tersebut dituangkan dalam
Empat kegiatan pembelajaran yaitu yang berkaitan dengan (1) Ta’aruf ( perkenalan ), (2) Jati diri (huwiyah), (3) Nama nama hari (asma
al ayam), Nama nama Bulan (syuhurul
hijaiyah wa miladiyah), Waktu, (4)
fasilitas Umum ( al mabani al ammah)
Dengan mempelajari Modul ini
diharapkan peserta didik dapat lebih memahami konsep-konsep tentang Ta’aruf
( perkenalan ), Jati diri
(huwiyah), Nama nama hari (asma al
ayam), Nama nama Bulan (syuhurul
hijaiyah wa miladiyah), Waktu, fasilitas Umum ( al mabani al ammah). Sehingga
dapat berkomunikasi dengan Bahasa Arab baik secara lisan maupun secara tertulis.
Hal ini sangat bermanfaat jika pada suatu saat nanti peserta didik harus
berkomunikasi dengan orang berbahasa arab . selain itu kompetensi Bahasa Arab
ini juga akan memberi manfaat bagi peserta didik dalam upaya menyempurnakan
pelaksanaan kewajiban agama yang membutuhkan pemahaman terhadap Bahasa Arab.
C. Waktu
Adapun waktu yang dibutuhkan
untuk mempelajari seluruh bahan ajar dan menguasai semua kompetensi yang ada di modul ini adalah selama 1 (satu) semester dengan alokasi waktu
minimal 36 jam ( 18 X pertemuan; @ 2 jam ).
D. Prasyarat
Pada dasarnya tidak ada
kemampuan khusus yang menjadi prasyrat untuk bisa mempelajari modul ini. Akan
tetapi sebaiknya setiap peserta didik yang hendak mempelajari modul ini sudah
memiliki bekal berupa kemampuan baca tulis Al-quran (Huruf Hijjaiyah), karena
huruf yang dipergunakan dalam Bahasa Arab ini akan sering di jumpai dalam modul
ini.
E. Petunjuk
penggunaan Modul
Agar
memperoleh hasil yang optimal dan dapat menguasai kompetensi yang diharapkan,
maka setiap peserta didik diharapkan memperhatikan petunjuk dan langkah –
langkah berikut ini :
1. Bacalah
terlebih dahulu tujuan kegiatan belajar yang tertera pada awal setiap kegiatan
pembelajaran.
2. Cermatilah
dengan seksama contoh materi kajian yang ada pada uraian materi dan buku – buku
acuan dari tiap kegiatan pembelajaran sampai mencapai tingkat pemahaman yang
optimal.
3. Kerjakan
tugas – tugas yang diperintahkan di setiap kegiatan pembelajaran pada lembaran
kerja yang anda sediakan sendiri.
4. Kerjakan
latihan atau tes yang terdapat pada bagian akhir setiap kegiatan pembelajaran
dengan sejujur – jujurnya, kemudian minta bantuan guru untuk mengoreksi dan
memberikan penilaian.
5. Apabila
dalam mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan latihan terdapat
kesulitan, peserta didik hendaknya mendiskusikan dengan teman atau guru pada
saat pembelajaran atau tatap muka. Apabila tidak dijumpai kesulitan dan hasil
yang dicapai sudah sesuai dengan target ketuntasan kompetensi peserta didik
dapat mempelajari kompetensi pembelajaran tersebut.
6. Bila hasil
yang dicapai belum sesuai target ketuntasan kompetensi, maka adakan remedy atau
diskusi dengan teman atau menanyakan pada guru pada saat tatap muka, sehingga diperoleh hasil yang
sesuai dengan target ketuntasan kompetensi.
Disamping itu diharapkan pula agar guru berperan dalam proses pembelajaran.
Dalam hal ini peran guru adalah sebagai berikut :
1. Membantu
peserta didik dalam merencanakan proses belajar.
2.
Mmembimbing peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.
3. Membantu
peserta didik dalam memahami konsep-konsep baru dan menjawab pertanyaan mereka
mengenai proses belajar.
4.
Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.
5.
Melaksanakan penilaian.
6.
Menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi
dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.
7. Mencatat
pencapaian kemajuan peserta didik.
F. Tujuan
Akhir
Setelah mempelajari modul Bahasa Arab 1A ini diharapkan peserta didik
dapat :
1. Mampu membaca
Al Qur’an dan tulisan arab dengan baik dan benar
2.
Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Arab
3. Mampu
berkenalan, mengenalkan diri, menanyakan nama hari, bulan, waktu dalam bahasa
arab
4. Dapat
mengetahui fasilatas umum dalam bahasa arab
G. Cek
Kemampuan
Berilah tanda centang (√) apabila Anda telah menguasai criteria kinerja
berikut ini :
اَلْحُرُوْفُ الْهِجَائِيَة
1. Huruf yang
dipergunakan dalam tulisan/ bahasa Arab adalah huruf hijaiyyah yang berjumlah
dua puluh sembilan. Huruf hijaiyyah tersebut adalah :
ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر
ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و هـ لا ء ي
2. Penulisan
kata dalam bahasa Arab dilakukan dari kanan ke kiri, dan begitu juga dalam membacanya.
3. Untuk
memudahkan membaca kata, dalam bahasa Arab dipergunakan tanda baca/ baris/
harakat, yaitu :
a. Baris fathah
( ـــَــ
) berbunyi “ a “
b. Baris kasrah
( ـــِــ )
berbunyi “ i “
c. Baris
dhammah ( ـــُــ )
berbunyi “ u “
d. Fathah tanwin
( ــًــ )
berbunyi “ an “
e. Kasrah
tanwin ( ــٍـ ) berbunyi “ in “
f. Dhammah
tanwin ( ــٌـ ) berbunyi “ un “
g. Sukun ( ــْـ ) berbunyi huruf
mati/ tanpa vokal
h.
Tasydid/syiddah (ــّـ) pertanda huruf
dobel/ganda
4. Dalam
penulisannya ada huruf yang dapat bersambung dengan huruf sebelumnya maupun dengan
huruf sesudahnya, yaitu :
ب ت
ث ج ح خ س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن هـ ي
5. Sisanya
sebanyak 7 huruf hanya dapat bersambung dengan huruf sebelumnya, dan tidak
dapat bersambung dengan huruf sesudahnya, yaitu :
ا د
ذ ر ز و ء
6. Cara
penulisan huruf hijaiyyah secara detail dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Contoh |
Di akhir |
Contoh |
Di tengah |
Contoh |
Di awal |
Huruf Asli |
اَنَا |
…ـــا |
يَشَاءُ |
…..ــا…… |
اَلْحَـمْدُ |
ا…… |
ا |
اَلْغَيْبُ |
….ـــــب |
نَـعْبُدُ |
….ــــبـــ… |
بـــِــسْمِ |
بـ…… |
ب |
اَلْبَيْتُ |
….ـــــت |
نَـسْتَعِـيـْنُ |
….ــتــ….. |
تَـرْمِيْهِمْ |
تـ…… |
ت |
حَـدِيْثُ |
…ــــــث |
مَـثَلُهُمْ |
…..ــــثــــ…. |
ثَـوْبٌ |
ثــ….. |
ث |
ثَـلْـجٌ |
…ــج |
يَـسْجُـدُ |
…جـ… |
جَسَـدٌ |
جـ… |
ج |
اَلْمَسِيْحُ |
…ــح |
يَـحْسُدُ |
…ــحـ… |
حَسَـدٌ |
حـ… |
ح |
نَنْسَخْ |
…ــخ |
يَـخْشَى |
…ــخـ… |
خَشِيَ |
خـ… |
خ |
مَسَـدٌ |
….ــد |
فَقَدَرَ |
…ــد…. |
دُكَتْ |
د… |
د |
يَــوْمَـئِـذٍ |
…ــذ |
يَذْهَبُ |
…ــذ… |
ذَهَبَ |
ذ… |
ذ |
تَـنْهَرُ |
…ــر |
يَـرْضَى |
…ــر… |
رَضِـيَ |
ر… |
ر |
نُعْجِزُ |
…ــز |
مِيْـزَانٌ |
…ـــز… |
زَمَنٌ |
ز… |
ز |
لَيْسَ |
…ــس |
يَسْأَلُ |
…ــســ… |
سَأَلَ |
سـ… |
س |
إِخْشَ |
…ــش |
يَشْهَدُ |
…ــشــ… |
شَجَرَةٌ |
شـ… |
ش |
يُـخْلِصُ |
…ــص |
يَصْدُرُ |
…ــصــ… |
صَدَرَ |
صــ… |
ص |
بَعْضُ |
…ــض |
يَضْحَكُ |
…ــضــ… |
ضَحِكَ |
ضــ… |
ض |
سَلَطَ |
…ــط |
يَـنْـطِـقُ |
…ــطــ… |
طَبَـقٌ |
طــ… |
ط |
غَلَظَ |
…ــظ |
يَظْهَرُ |
…ــظــ… |
ظَهَرَ |
ظــ… |
ظ |
مَنَـعَ |
…ــع |
يَــنْعِقُ |
…ــعــ… |
عَـيْـنٌ |
عــ… |
ع |
بَلَغَ |
…ـــغ |
يَـغْضَبُ |
…ــغــ… |
غَضِبَ |
غــ… |
غ |
يثوْسُفُ |
…ــف |
يَـفْـقَـهُ |
…ــفــ… |
فِيْهَا |
فــ… |
ف |
خَلَـقَ |
…ــق |
يَـقْرَأُ |
…ــقــ… |
قَرِيْبٌ |
قــ… |
ق |
مَلَكَ |
…ــك |
يَكْتُبُ |
…ــكـ… |
كَتَبَ |
كــ… |
ك |
عَسَلٌ |
…ــل |
يَلْعَبُ |
…ــلــ… |
لَـهَبٍ |
لـ… |
ل |
الرَحِيْمُ |
…ــم |
يَـمْكُثُ |
…ــمــ… |
مَسْجِدٌ |
مــ… |
م |
الرَحْـمَنُ |
…ــن |
جَهَنَمُ |
…ــنــ… |
نَعْقِلُ |
نــ… |
ن |
عَجِبُوْ |
…ــو |
فَسَوْفَ |
…ــو… |
وَصَلَ |
و… |
و |
مَالَهُ |
…ــه |
يَهْدِى |
…ــهـ… |
هَــذَا |
هــ… |
هـ |
طِفْلاً |
…ــلا |
يُلاَعِــنُ |
…ــلا… |
لاَعَـنَ |
لا… |
لا |
يَشَاءُ |
…ء |
يَسْتَهْـزِءُوْنَ |
…ء… |
ءَ
أَنْتَ |
ء… |
ء |
يَسْتَحْيِ |
…ــي |
شَيْئًا |
…ــيـ… |
يَغْفِـرَ |
يـ… |
ي |
Keterangan :
- Huruf
yang ketika di awal, di tengah atau di akhir menggunakan tanda ـــ artinya huruf tersebut bisa disambung
dengan huruf sebelumnya atau sesudahnya
- Adapun
huruf yang hanya di beri tanda titik-titik (…..) ketika di awal, di tengah
atau di akhir artinya huruf tersebut tidak bisa di sambung dengan huruf
sebelumnya atau sesudahnya
- Pada
edisi selaanjutnya Insyaallah kita akan belajar tentang huruf-huruf yang
bisa disambung dan yang tidak bisa disambung dengan lebih detail lagi
- Mohon
koreksi apabila ada kesalahan
- Selamat
memanfaatkan. Mudah-mudahan menjadi amal soleh
Pertemuan pertama
1 - 3
Materi Pembelajaran
Perkenalan (
التَّعَارُفْ)
اَحْمَدُ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ.
عُمَر : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ.
اَحْمَدُ : اَنَا اَحْمَدُ.
عُمَر : أَهْلاً اَحْمَدُ, اَنَا عُمَر
اَحْمَدُ : مَرْحَبًا عُمَرْ, كَيْفَ حَلُكَ
؟
عُمَر : بِخَيْرِ ,الحَمْدُ لِلَّهِ. وَ
اَنْتَ ؟
اَحْمَدُ : بِا لصِّحَةِ, الحَمْدُ لِلَّهِ.
عُمَر : هَلْ تَعْرِفُ هَذَا الصَّاحِبْ
اَحْمَدُ : أَ ذَلِكَ صَفْيَان؟
عُمَر : نَعَمْ, هَذَا صَفْيَانْ, وَمَنْ
تِلْكَ ؟
اَحْمَدُ : أَهْلاً صَفْيَان, هَذِهِ فَاطِمَةُ.
عُمَر : أَهْلاً فَاطِمَةُ, سُرِرْتُ بِلِقَائِكَ.
اَحْمَدُ : اِلىَ اللِّفَاءْ.
عُمَر : فِيْ اَمَانِ الله.
المفردات = Kosa Kata
اَنَا = Saya / Aku (L,P)
هَذِهِ = Ini ( L,1 )
اَهْلاً / مَرْحَبًا = Selamat
كَيْفَ =
Bagaimana
بِخَيْرٍ =
Baik-baik saja
وَ =Dan
اَنْتَ = Kamu (Lk)
أَنْتِ = Kamu (Pr)
بِالصِّحَةِ = Sehat
اِلىَ اللِّفَاءْ = Sampai Jumpa
هَلْ
\ أ = Apakah
تَعْرِفُ =Anda Kenal
ذَلِكَ = Itu (Lk)
مَنْ = Siapakah
تِلْكَ = Itu (Pr)
هَذَا = Ini (laki-laki)
سُرِرْتُ ِ = Saya senang
لِقَئِكَ =
Bertemu Anda
فِيْ = Di / didalam
اَمَانِ = Lindungan
Kegiatan Belajar
1. Siswa membaca
Percakapan di atas dan mentransfer bacaannya ke Bahasa Indonesia dengan
mengikuti panduan/ arahan berikut ini.
AT-Ta’aruf
Ahmad : Assalamualaikum.
Umar :
Waalaikumussalam.
Ahmad : Ana ………
Umar :
Ahlan Ahmad, Ana ………..
Ahmad : Marhaban …………, Kaifa …………..?
Umar :
……………….., Alhamdulillah, wa …..
Ahmad : …………...., Alhamdulillah.
Umar : Hal
Ta’rifu Haza ………...?
Ahmad :
A Zalika ………...
Umar : Na’am, Haza ………, wa man ………....?
Ahmad : ………..Sofyan, Hazihi ……….
Umar :
………... Fatimah, surirtu …………..?
Ahmad : Ilal ………….
Umar : fi
aman ………....
2. Jawablah
Pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. كَيْفَ حالُكَ يَاعُمَرْ ؟
الجواب : ....................
2. وَاَنْتَ ؟
الجواب :
....................
3. أ ذَلِكَ صَفْيَانُ ؟
الجواب :
....................
4. وَمَنْ تِلْكَ ؟
الجواب :
....................
5. اِلَى اللِقَاءْ ؟
الجواب :
....................
Contoh Perkenalan
- Percakapan
Pertama A
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
خَالِد |
Assalamu'alaikum. |
Khalid |
Assalamu'alaikum. |
Khalid |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
خَلِيْل |
Wa'alaikumussalam. |
Khalil |
Wa'alaikumussalam. |
Khalil |
اِسْمِي خَالِدٌ، مَا اسْمُكَ؟ |
خَالِد |
Namaku Khalid, dan kamu? |
Khalid |
My name is Khalid, what’s your name? |
Khalid |
.اِسْمِي خَلِيْلٌ |
خَلِيْل |
Namaku Khalil. |
Khalil |
My name is Khalil. |
Khalil |
كَيْفَ حَالُكَ؟ |
خَالِد |
Bagaimana kabarmu? |
Khalid |
How are you? |
Khalid |
بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ. وَكَيْفَ حَالُكَ
أَنْتَ؟ |
خَلِيْل |
Alhamdulillah, aku baik. |
Khalil |
Alhamdulillah, I’m fine. |
Khalil |
.بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ |
خَالِد |
Alhamdulillah, aku baik. |
Khalid |
Alhamdulillah, I’m fine too. |
Khalid |
- Percakapan
Pertama B
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
خَوْلَة |
Assalamu'alaikum. |
Khaulah |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
خَدِيْجَة |
Wa'alaikumussalam. |
Khadijah |
اِسْمِي خَوْلَةُ، مَا اسْمُكِ؟ |
خَوْلَة |
Namaku Khaulah, dan kamu? |
Khaulah |
.اِسْمِي خَدِيْجَةُ |
خَدِيْجَة |
Namaku Khadijah. |
Khadijah |
كَيْفَ حَالُكِ؟ |
خَوْلَة |
Bagaimana kabarmu? |
Khaulah |
بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ. وَكَيْفَ حَالُكِ
أَنْتِ؟ |
خَدِيْجَة |
Alhamdulillah, aku baik. |
Khadijah |
.بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ |
خَوْلَة |
Alhamdulillah, aku baik. |
Khaulah |
Pertemuan ke 4
Perkenalan (التعارف)
- Percakapan
Kedua A
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
مُحَمَّد |
Assalamu'alaikum. |
Muhammad |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
شَرِيْف |
Wa'alaikumussalam. |
Syarif |
مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟ |
مُحَمَّد |
Dari mana kamu berasal? |
Muhammad |
.أَنَا مِنْ بَاكِسْتَان |
شَرِيْف |
Aku dari Pakistan. |
Syarif |
هَلْ أَنْتَ بَاكِسْتَانِيٌّ؟ |
مُحَمَّد |
Apakah kamu warga Pakistan? |
Muhammad |
نَعَمْ، أَنَا بَاكِسْتَانِيٌّ. وَمَا
جِنْسِيَّتُكَ أَنْتَ؟ |
شَرِيْف |
Iya, aku warga Pakistan. |
Syarif |
.أَنَا تُرْكِيٌّ، أَنَا مِنْ تُرْكِيَا |
مُحَمَّد |
Aku warga Turki, dan berasal dari Turki. |
Muhammad |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
شَرِيْف |
Salam kenal. |
Syarif |
- Percakapan
Kedua B
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
مَرْيَم |
Assalamu'alaikum. |
Maryam |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
زَيْنَب |
Wa'alaikumussalam. |
Zainab |
مِنْ أَيْنَ أَنْتِ؟ |
مَرْيَم |
Dari mana kamu berasal? |
Maryam |
.أَنَا مِنْ مِصْرَ |
زَيْنَب |
Aku dari Mesir. |
Zainab |
هَلْ أَنْتِ مِصْرِيَّةٌ؟ |
مَرْيَم |
Apakah kamu warga Mesir? |
Maryam |
نَعَمْ، أَنَا مِصْرِيَّةٌ. وَمَا
جِنْسِيَّتُكِ أَنْتِ؟ |
زَيْنَب |
Iya, aku warga Mesir. |
Zainab |
.أَنَا سُوْرِيَّةٌ، أَنَا مِنْ سُوْرِيَا |
مَرْيَم |
Aku warga Syiria, dan berasal dari Syiria. |
Maryam |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
زَيْنَب |
Salam kenal. |
Zainab |
- Percakapan
Ketiga A
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
أَحْمَد |
Assalamu'alaikum. |
Ahmad |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
بَدْر |
Wa'alaikumussalam. |
Badr |
.هَذَا أَخِي، هُوَ مُدَرِّسٌ |
أَحْمَد |
Ini saudaraku, dia seorang guru. |
Ahmad |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
بَدْر |
Salam kenal. |
Badr |
.هَذَا صَدِيْقِي، هُوَ مُهَنْدِسٌ |
أَحْمَد |
Ini temanku, dia seorang insinyur. |
Ahmad |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
الأَخ |
Salam kenal. |
Saudara |
.مَعَ السَّلَامَةِ |
أَحْمَد |
Selamat tinggal. |
Ahmad |
.مَعَ السَّلَامَةِ |
بَدْر |
Selamat tinggal. |
Badr |
- Percakapan
Ketiga B
.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ |
نَدَى |
Assalamu'alaikum. |
Nada |
.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ |
هُدَى |
Wa'alaikumussalam. |
Huda |
.هَذِهِ أُخْتِي، هِيَ طَبِيْبَةٌ |
نَدَى |
Ini saudariku, dia seorang dokter. |
Nada |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
هُدَى |
Salam kenal. |
Huda |
.هَذِهِ صَدِيْقَتِي، هِيَ طَالِبَةٌ |
نَدَى |
Ini temanku, dia seorang pelajar. |
Nada |
.أَهْلًا وَسَهْلًا |
الأُخْتُ |
Salam kenal. |
Saudari |
.مَعَ السَّلَامَةِ |
نَدَى |
Selamat tinggal. |
Nada |
.مَعَ السَّلَامَةِ |
هُدَى |
Selamat tinggal. |
Huda |
Pertemuan ke 5 -6
1.
Ulangan (Pertemuan 1-4)
2.
Materi Ucapan permintaan
Ma’af
عَفْوًا |
Maaf/permisi |
اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ |
Harap maafkan aku |
أَعْتَدِرُكُمْ عَلٰى تَأَخُّرِى |
Maafkan aku karena terlambat |
عَفْوًاجِئْتُ مُتَأَخِّرًا |
Maafkan aku karena terlambat |
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى إِزْعَاجِى |
Maaf aku menggangu! |
مَهْلًا |
Tunggu sebentar! |
سَامِحْنِى عَدَمِ الْاِشْتِرَاكِ |
Bolehkah aku tak ikut serta! |
لَوْسَامَحْتَ |
Izinkanlah/Mohon Maaf |
سَامِحْنِى علٰى عَدَمِ مُشَارَكَتِى فِي
الْاِجْتِمَاعِ |
Izinkanlah aku utk tak ikut rapat |
عَفْوًااَنَالَاأَسْتَطِيْعُ مُسَاعَدَتَكَ |
Maaf, aku tak dapat membantu anda |
اَسِفْ جِدًّا |
Maaf sekali |
اَنَامُتَأَسِفُ عَلٰى الْاِزْعَاجِ |
Saya menyesal telah menggangu anda |
اَنَا حَزِيْنٌ علٰى عَدَمِ عِيَادَتِكَ |
Saya kecewa anda tak datang mengunjungiku |
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى اهْمَالِى إِلَيْكَ |
Maafkanlah aku tealah membiarkan anda menunggu |
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى عَدَمِ اِهْتِمَامِى بِكَ |
Maafkanlah aku telah membiarkan anda menunggu |
عَفْوًاعَلٰى وَقِيْحِى إِلَيْكَ |
Maafkan atas ke kasaran aku |
عَفْوًا مِنْكُمْ عَلٰى كَلَامِىْ |
Harap maafkan aku atas kata-kata aku |
اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ علٰى عَدَمِ وَفَائِى
لِمَوْعِدَتِنَا |
Saya mohon maaf atas kelupaan aku akan janji KITA |
اَرْجُوْ مِنْكَ اَلْعَفْوُ |
Saya harus mohon maaf pada anda |
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى كُلِّ الْخَطِيْئَةِ |
Saya mohon maaf jika ada yg salah |
أَعْتَدِرُكُمْ علٰى خِيَانَتِى لِلْوَعِدْ |
Saya mohon maaf atas kesalahan aku mengingkari janji |
أَعْتَدِرُكُمْ مِنْ كُلِّ كَلَامِىْ |
Saya mohon maaf atas perkataan aku |
لَا أَقْصُدُ جَرْحَ قَلْبِكَ |
Saya tak bermaksud melukai hati anda |
لَا تَغْضَبْ |
Jangan marah |
أَخْطَاْتُ |
Saya bersalah |
هَذَا خَطَأْتِى |
Ini kesalahan aku |
اَرْجُوْفَسيْحُ قَلْبِكَ |
Saya harap anda tak akan marah |
سَامِحْنِى اَنْ اُعَبِّرَ اِعْتِذَارِى |
Perkenankan aku menyatakan penyesalan |
اَلْعَفْوُ عَلٰى سُوْءِ التَّفَهُّمِ اَللهُ
يَهْدِيْنَا |
Saya menyesali kesalahfahaman aku |
لَااَفْعَلَهُ بِالْقَصْدِ |
Saya tak sengaja melakukannya |
لَيْسَ خَطَأَكَ |
Bukan kesalahan anda |
لَاتَحْسِبْنِىْ وَقِيْحًا |
Jangan menganggap aku tak sopan |
Pertemuan ke 7- 8
Jati diri
السَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakaatuh.
أَصْدِقَائِيْ
الطَّلَبَة الأَحِبَّاء
Sahabat-sahabatku yang
saya cintai.
إِسْمَحُولِيْ
أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ نَفْسِيْ
Perkenankan saya untuk
memperkenalkan diri.
إِسْمِيْ أَحْمَد
Nama
saya Ahmad.
أَنَا مِنْ بَانْدُوْنج
Saya
dari Bandung.
عُنْوَانِي فِي شَارِع سُوكَارْنَو حَتَّا رَقْم السَّبْعَة
Alamat
saya di Jl. Soekarno Hatta no.7.
هِوَايَتِيْ القِرَاءَة
Hobi
saya membaca.
شِعَارِيْ "كُنْ عَالِمًا وَلَا تَكُنْ جَاهِلًا!"
Motto
hidup saya adalah ~ Jadilah orang yang berilmu dan jangan jadi orang
yang bodoh! ~.
أُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّة، لِكَوْنِهَا لُغَةَ القُرْآن.
Saya
suka bahasa Arab karena ia merupakan bahasa Al-Qur’an.
تَخَرَّجْتُ فِي المَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الإِسْلَامِيَّةِ
الحُكُوْمِيَّة
Saya
alumni Madrasah Aliyah Negeri.
هَلْ لَدَيْكُمْ السُّؤَال؟
Apakah
ada pertanyaan?.
وَإِلَّا فَكَفَيْتُ بِهذا، شُكْرًا لِحُسْنِ اهْتِمَامِكُم
Jika
tidak ada dicukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya.
والسَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه.
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakaatuh.
السَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه
Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakaatuh.
أَصْدِقَائِيْ الطَّلَبَة الأَحِبَّاء
Sahabat-sahabatku
yang saya cintai.
إِسْمَحُولِيْ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ نَفْسِيْ
Perkenankan
saya untuk memperkenalkan diri.
إِسْمِيْ عَائِشَة
Nama
saya Aisyah.
تَوَلَّدْتُ فِي سُوْرَابَايَا فِي تَارِيْخِ
الأَوَّل مِنْ يَنَايِر سَنَةَ أَلْفَيْنِ وَأَرْبَعٍ
Saya
lahir di Surabaya tanggal 1 Januari 2004.
وَالآنْ عُمْرِيْ خَمْسَةَ عَشَرَ سَنَةً
Umur
saya sekarang 15 tahun.
أَنَا تِلْمِيْذَةٌ
Saya
seorang siswi.
تَخَرَّجْتُ فِي المَدْرَسَةِ المُتَوَسِّطَةِ الإِسْلَامِيَّةِ
الحُكُوْمِيَّة
Saya
alumni Madrasah Tsanawiyah Negeri.
عُنْوَانِي فِي شَارِع مُوْسْتِيْكَا رَقْمُ الوَاحِد
Alamat
saya di Jl. Mustika no.1.
هِوَايَتِيْ الكِتَابَة
Hobi
saya menulis.
شِعَارِيْ "كُنْ عَالِمًا وَلَا تَكُنْ جَاهِلًا!"
Motto
hidup saya adalah ~ Jadilah orang yang berilmu dan jangan jadi orang
yang bodoh! ~.
أُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّة، لِكَوْنِهَا لُغَةَ القُرْآنِ
وَالسُّنَّةِ.
Saya
menyukai bahasa Arab karena ia merupakan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits.
هَلْ لَدَيْكُمْ السُّؤَال؟
Apakah
ada pertanyaan?.
وَإِلَّا فَكَفَيْتُ بِهذَا، شُكْرًا لِحُسْنِ اهْتِمَامِكُمْ
Jika
tidak ada dicukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya.
والسَّلَامُ عَلَيْكُمْ ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه.
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakaatuh.
Pertemuan ke 9 – 10 |
Nama Hari Dan Bulan Dalam Bahasa Arab |
Satu Hari |
يَوْمٌ |
Yaum |
Satu Minggu |
اُسْبُوْعٌ |
Usbuu' |
1.
Minggu |
اَلْاَحَدْ |
Ahad |
2.
Senin |
اَلْإِثْنَيْن |
Itsnain |
3.
Selasa |
اَلثُّلاَثَاء |
tsulatsa' |
4.
Rabu |
اَلْاَرْبَعَاءُ |
Arbia' |
5.
Kamis |
اَلْخَمِيسُ |
Khamiis |
6.
Jum'at |
اَلْجُمُعَةْ |
Jumu'ah |
7.
Sabtu |
اَلسَّبْتُ |
Sabtu |
Bulan-Bulan Masehi |
شُهُوْرُالْمِلَادِيَّةِ |
|
Januari |
يَنَايِرُ |
Yanaayir |
Februari |
فَبْرَايِرُ |
Fabraayir |
Maret |
مَارِسْ |
Maaris |
April |
أَبْرِيْل |
Abriil |
Mei |
مَايُوْ |
Maayuu |
Juni |
يُوْنِيُو |
Yuuniyuu |
Juli |
يُوُلِيُوْ |
Yuuliyuu |
Agustus |
أَغُسْطُسْ |
Aghustus |
September |
سِبْتِمْبِرْ |
Sibtimbir |
Oktober |
أُكْتُوْبِر |
Uktuubir |
November |
نُفَمْبِر |
Nupambir |
Desember |
دِيْسَمْبِرْ |
Diisambir |
Pertemuan ke 11 -12 Ulangan |
Nama Bulan Dalam
Bahasa Arab |
تَقْوِيْمُ
الْهِجْرِى |
||
Muharram |
مُحَرَّمٌ |
|
Safar |
صَفَرٌ |
|
Rabi'il awal |
رَبِيْعُ الْاَوَّلِ |
|
Rabi'il sani |
رَبِيْعُ الثَّانِى |
|
Jumadil awal |
جُمَادِ الْاَوَّلِ |
|
Jumadil sani |
جُمَادِالثَّانِى |
|
Rajab |
رَجَبُ |
|
Sya'ban |
شَعْبَانُ |
|
Ramadan |
رَمْضَانُ |
|
Syawal |
شَوَالٌ |
|
Zul qa'dah |
ذُوالْقَعْدَةِ |
|
Zul hijjah |
ذُوْالْحِجَّةِ |
|
Beberapa hari |
اَيَّامٌ |
Ayyaam |
Sebelum |
قَبْلَ |
Qobla |
Sesudah |
بَعْدَ |
Ba'da |
Sekarang |
اَلْاَنَ |
Al Ana |
Kemarin |
اَمْسِ |
Amsi |
Besok |
غَدًا |
Ghadan |
Hari apa? |
مَاالْيَوْمُ |
Maalyaum? |
Besok Lusa |
بَعْدَالْغَدِ |
Ba'dal Ghad |
Kemarin Lusa |
قَبْلَ الْاَمْسِ |
Qoblal Amsi |
Pertemuan ke 12 |
1.
Materi Keterangan waktu |
- sekarang
= الْآَن (al-ān)
- besok
= غَـــــــــدًا (ghadan)
- kemarin
= أَمْــــــــــــس (ams)
- besok
lusa = بعــــــــد غد (ba’da
ghad)
- kemarin
lusa = أول أمــــــــــس (awwal-ams)
- hari
ini = الْيَــــــــــــــوْم (al-yaum)
- Nanti
= فِيْــــــــــمَا بَعْـــــــــد (fīmā
ba’d)
- Nanti
malam = اللَّيــــــــــــــــلة (al-lailah)
- pagi
hari = صَبَــــــــــــاحًا (ṣabāhan)
- sore
hari = عَشِيَّـــــــــــةً (‘Asyiyyatan)
- malam
hari = مَسَـــــــــــــــــــاءًا (masā-an)
- telah/sudah/sebelumnya
= سَــــــابِـــــــقَــــــا (sābiqan)
- akhir-akhir
ini = مُـــؤَخَّــــــــــــرًا (mu-akh-kharan)
- segera
= قَرِيْـــــــــــــــبًا
(qarīban)
- masih
= مَــــــــــازال (māzāl)
- belum
= ليـــــــــس بعد (laisa
ba’d)
- sesaat/sebentar
= لَحْظَـــــــــــــةً (lahẓah)
- tidak
pernah = أبــــــــــدَا (abadan)
- selamanya
= الى
الأبــــــد (ilal-abad)
- segera/sekaligus
= فـــــــــــوراً / على الفور (fauran/’alal-faur)
Latihan
-
Buatlah 5 kalimat
keterangan waktu!
pertemuan ke 13 -15
Jam ( سَاعَة )
Bahasa Arab jam jika dituliskan dalam haruf Arab adalah
( سَاعَة )
Cara bacanya: saa’ah
Artinya: ”jam”
Nah itulah bahasa Arabnya jam sudah kita ketahui bersama
pada tulisan di atas, berikutnya akan kita
pelajari kosakata tentang jam atau waktu yang menunjukan pukul.
Kosakata Bahasa Arab tentang Jam Mulai Pukul 01:00 wib –
12:00 wib
No |
Bacaan Latin |
Bacaan Arab |
Artinya |
1 |
assaa’atu al waahidatu |
السَّاعَةُ
الوَاحِدَةُ |
Jam 1 |
2 |
assa’atu atssaaniyahtu |
السَّاعَةُ
الثَّانِيَةُ |
Jam 2 |
3 |
assaa’atutssaalitsatu |
السَّاعَةُ
الثَّالِثَةُ |
Jam 3 |
4 |
assaa’aturroobi’atu |
السَّاعَةُ
الرَّابِعَةُ |
Jam 4 |
5 |
assaa’atu alhaamisatu |
السَّاعَةُ
الخَامِسَةُ |
Jam 5 |
6 |
assaa’atussaadisatu |
السَّاعَةُ
السَّادِسَةُ |
Jam 6 |
7 |
assaaa’atussaabi’atu |
السَّاعَةُ
السَّابِعَةُ |
Jam 7 |
8 |
assaa’atutssaaminatu |
السَّاعَةُ
الثَّامِنَةُ |
Jam 8 |
9 |
assaa’atu ttaasi’atu |
السَّاعَةُ التَّاسِعَةُ |
Jam 9 |
10 |
assaa’atu al ‘aasyirotu |
السَّاعَةُ
العَاشِرَةُ |
Jam 10 |
11 |
assaa’atu al hadiyah ‘asyroh |
السَّاعَةُ
الحَادِيَةَ عَشْرَةَ |
Jam 11 |
12 |
assaa’atutssaaniyah ‘asyroh |
السَّاعَةُ
الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ |
Jam 12 |
Kosakata Bahasa Arab tentang Satuan Jam
No |
Bacaan Latin |
Bacaan Arab |
Arti |
1 |
saa’atun waahidatun |
سَاعَةٌ
وَاحِدَةٌ |
Satu Jam |
2 |
saa’ataani |
سَاعَتَانِ |
Dua Jam |
3 |
tsalaatsu saa’aatin |
ثَلَاثُ
سَاعَاتٍ |
Tiga Jam |
4 |
arba’u saa’aatin |
اَرْبَعُ
سَاعَاتٍ |
Empat Jam |
5 |
khomsu saa’aatin |
خَمْسُ
سَاعَاتٍ |
Lima Jam |
6 |
sitn saa’aatin |
سِتُّ
سَاعَاتٍ |
Enam Jam |
7 |
sab’un saa’aatin |
سَبْعُ
سَاعَاتٍ |
Tujuh Jam |
8 |
assaa’atutsaaminatu |
السَّاعَةُ
الثَّامِنَةُ |
Delapan Jam |
9 |
Tas’u saa’atain |
تِسْعُ
سَاعَاتٍ |
Sembilan Jam |
10 |
‘asyru saa’aatin |
عَشْرُ
سَاعَاتٍ |
Sepuluh Jam |
Kosakata tentang Turunan Seputar Jam dalam Bahasa Arab
Berikut di bawah ini tabel tentang kosakata turunan seputar
jam dalam bahasa Arab.
No |
TURUNAN JAM |
Bunyi Bacaan |
ARAB |
1 |
assaa’atu alhaa ithiyyah |
السَّاعَةُ
الحَائِطِيَّةُ |
Jam Dinding |
2 |
assaa’atu alyadawiyyah |
السَّاعَةُ
اليَدَوِيَّةُ |
Jam Tangan |
3 |
daqiiqotun jim daqoo iqu |
دَقِيْقَةٌ
جـ دَقَائِقُ |
Menit |
4 |
tsaaniyah jim tsawaani |
ثَانِيَةٌ
جـ ثَوَانٍ |
Detik |
5 |
wa |
وَ |
Lewat/Lebih (dari) |
6 |
li’a |
ِلاَّ |
Kurang (dari) |
7 |
khumsu daqoo iq |
خَمْسُ
دَقَائِقَ |
5 Menit |
8 |
‘asyru daqoo iq |
عَشْرُ
دَقَائِقَ |
10 Menit |
9 |
nishfu saa’ah |
نِصْفُ
سَاعَةٍ |
Setengah Jam/30 Menit |
10 |
rub’u saa’ah |
رُبْعُ
سَاعَةٍ |
Seperempat Jam/15 Menit |
11 |
qobla daqiiqotin |
قَبْلَ
دَقِيْقَةٍ |
Semenit yang lalu |
12 |
qobla saa’atin |
قَبْلَ
سَاعَةٍ |
Sejam yang lalu |
13 |
‘aqrobussaa’aati jim ‘aqooribussaa’ati |
عَقْرَبُ
السَّاعَةِ جـ عَقَارِبُ السَّاعَةِ |
Jarum Jam |
14 |
saa’atun jim saa’aatun |
سَاعَةٌ
جـ سَاعَاتٌ |
Jam/Pukul |
Contoh Penggunaan Kalimat Menggunakan kata Jam
Setelah kita mengetahui dan menghafal tetang kosakata jam
dan waktu berikut contoh kalimatnya. Bahasa Indonesianya: Jam 10
lebih 20 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ
العَاشِرَةُ وَالثُّلْثُ
Bahasa Indonesianya: Jam 7 kurang 10 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ
السَّابِعَةُ إِلَّا عَشْرُ دَقَائِقَ
Bahasa Indonesianya: Jam 1 kurang 5 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ
الوَاحِدَةُ إِلَّا خَمْسُ دَقَائِقَ
Nah, itulah sedikit contoh kalimat percakapan yang
menggunakan kata-kata jam.
Pertemuan ke
16 -18 Pasilitas
Umum اَلْمَرَافِقُ الْعَامَّةُ Al marofiqulammah |
A.
Pasilitas
Umum
1. Tempat ( ٌمَكَانٌ جـ أَمْكِنَة ).
2. Agen Travel ( ِوَكَالَةُ السَّفَر ).
3. Aparteman ( ٌشَقَّةٌ جـ شُقَق ).
4. Apotek ( ٌصَيْدَلِيَّةٌ جـ
صَيْدَلِيَّات ).
5. Bandara/Airport ( ٌمَطَارٌ جـ مَطَارَات ).
6. Bank ( ٌبَنْكٌ جـ بُنُوْك ).
7. Bioskop ( السِّيْنِمَا ).
8. Cafe/Warung Kopi ( مَقْهَى
جـ مَقَاهِي ).
9. Fakultas ( ٌكُلِّيَّةٌ جـ
كُلِّيَّات ).
10. Gudang ( ُمَخْزَنٌ جـ مَخَازِن ).
11. Gelanggang Olah Raga ( النَّادِي
الرِّيَاضِي ).
12. Halte Bis ( ِمَوْقِفُ الحَافِلَات ).
13. Halte Taksi ( ِمَوْقِفَ سَيَّارَاتِ
الأُجْرَة ).
14. Hotel ( ُفُنْدُقٌ جـ فَنَادِق ).
15. Jalan Raya ( ُشَارِعٌ جـ شَوَارِع ).
16. Kantin ( ُمَقْصَفٌ جـ مَقَاصِف ).
17. Kantor ( ُمَكْتَبٌ جـ مَكَاتِب ).
18. Kantor Pos ( ِمَكْتَبُ البَرِيْد ).
19. Kebun Binatang ( ِحَدِيْقَةُ
الحَيَوَانَات ).
20. Kedutaan ( ٌسِفَارَةٌ جـ
سِفَارَات ).
21. Klinik ( ٌعِيَادَة ).
22. Kolam Renang ( ُمَسْبَحٌ جـ مَسَابِح ).
23. Lapangan ( ُمَلْعَبٌ جـ مَلَاعِب ).
24. Lift ( ُمِصْعَدٌ جـ مَصَاعِد ).
25. Masjid ( ُمَسْجِدٌ جـ مَسَاجِد ).
26. Museum ( ُمَتْحَفٌ جـ مَتَاحِف ).
27. Pabrik ( ُمَصْنَعٌ جـ مَصَانِع ).
28. Pameran ( ُمَعْرِضٌ جـ مَعَارِض ).
29. Pantai ( ِشَاطِئُ البَحْر ).
30. Parkiran Mobil ( ِمَوْقِفُ
السَّيَّارَات ).
31. Pasar ( ٌسُوْقٌ جـ أَسْوَاق ).
32. Pelabuhan ( ُمِيْنَاءٌ جـ
مَوَانِئ ).
33. Pengadilan ( ُمَحْكَمَةٌ جـ
مَحَاكِم ).
34. Penjara ( ٌسِجْنٌ جـ سُجُوْن ).
35. Perpustakaan ( ٌمَكْتَبَةٌ جـ
مَكْتَبَات ).
36. Perusahaan ( ٌشَرِكَةٌ جـ شَرِكَات).
37. Pesantren ( ُمَهْعَدٌ جـ مَعَاهِد ).
38. Pom Bensin ( ِمَحَطَّةُ الوَقُوْد ).
39. Pos/Kantor Polisi ( ِمَكْتَبُ الشُّرْطَة ).
40. Puskesmas ( ٌمُسْتَوْصَفٌ جـ
مُسْتَوْصَفَات ).
41. Restoran/Rumah Makan ( ُمَطْعَمٌ جـ مَطَاعِم ).
42. Rumah Sakit ( ٌمُسْتَشْفَى
جـ مُسْتَشْفَيَات ).
43. Sekolah ( ُمَدْرَسَةٌ جـ
مَدَارِس ).
44. Stasiun ( مَحَطَّةُ
القِطَارَاتِ ).
45. Taman ( ُبُسْتَانٌ جـ
بَسَاتِيْن ).
46. Teater ( ُمَسْرَحٌ جـ مَسَارِح ).
47. Tempat Pemakaman Umum ( ُمَقْبَرَةٌ جـ
مَقَابِر ).
48. Terminal Bus ( مَحَطَّةُ الحَافِلَات ).
49. Toko ( دُكَّانٌ جـ دَكَاكِيْن ).
50. Toko Buku ( مَكْتَبَةٌ جـ
مَكْتَبَات ).
51. Toko Bunga ( مَحَّلٌ لِبَيْعِ
الزُّهُوْر ).
52. Trotoar ( رَصِيْفٌ جـ أَرْصِفَة ).
53. Universitas ( جَامِعَةٌ جـ جَامِعَات ).
54. Warung Kelontong (بَقَّالَة ).
55. WC/Toilet (حَمَّامٌ جـ حَمَّامَات ).
B.
Contoh percakapan tentang
fasilitas umum
Teks Percakapan |
Subjek |
No |
أَيْنَ تَسْكُنُ
الآنَ يَا بَدْرُ ؟ |
أَحْمَدُ |
1 |
Dimana kamu tinggal sekarang, wahai Badar? |
Ahmad |
|
. أَسْكُنُ
فِي القَرْيَةِ |
بَدْرٌ |
2 |
Aku tinggal di desa. |
Badar |
|
لِمَاذَا تَرَكْتَ
المَدِيْنَةَ ؟ |
أَحْمَدُ |
3 |
Mengapa kamu meninggalkan kota? |
Ahmad |
|
. القَرْيَةُ
هَادِئَةٌ ، وَالهَوَاءُ نَقِيٌّ |
بَدْرٌ |
4 |
(Di) desa tenang, dan udara bersih. |
Badar |
|
، وَلَكِنْ فِي المَدِيْنَةِ جَامِعَاتٌ |
أَحْمَدُ |
5 |
Tapi di kota kan ada universitas, |
Ahmad |
|
، وَفِي المَدِيْنَةِ ضَوْضَاءٌ ، وَتَلَوُّث |
بَدْرٌ |
6 |
Dan di kota (juga ada) kebisingan, |
Badar |
|
، لِمَاذَا تَسْكُنُ فِي القَرْيَةِ |
أَحْمَدُ |
7 |
Mengapa kamu tinggal di desa, |
Ahmad |
|
. لَيْسَ
هُنَاكَ مُشْكِلَةٌ |
بَدْرٌ |
8 |
Tidak ada masalah. |
Badar |
|
كَيْفَ تَذْهَبُ
إِلَى المَدِيْنَةِ ؟ |
أَحْمَدُ |
9 |
Bagaimana kamu pergi ke kota? |
Ahmad |
|
. أَذْهَبُ
بِالقِطَارِ |
بَدْرٌ |
10 |
Aku naik kereta. |
Badar |
|
كَمْ تَسْتَغْرِقُ
الرِّحْلَةُ إِلَى المَدِيْنَةِ ؟ |
أَحْمَدُ |
11 |
Berapa lama perjalanan ke kota? |
Ahmad |
|
. تَسْتَغْرِقُ
سَاعَةً وَنِصْفَ سَاعَةٍ تَقْرِيْبًا |
بَدْرٌ |
12 |
Butuh sekitar satu setengah jam. |
Badar |
0 komentar:
Posting Komentar