e

MATERI BAHASA ARAB KELAS X

MODUL BAHASA ARAB

اللغة العربية

 

SMK AL IKHWANIYAH

 

KLS X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

Bahasa Arab merupakan Bahasa yang digunakan secara luas di planet ini, digunakan sebagai Bahasa utama oleh lebih dari 200 juta orang di 22 negara. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua di Negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam; salah satu agama besar dunia yang dianut lebih dari 1 Milyar orang. Bahasa Arab juga sudah menjadi bahasa tetap / resmi di Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Pendidikan bahasa Arab di Indonesia sudah diajarkan mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Secara teoritis, paling tidak ada empat orientasi pendidikan bahasa Arab tersebut, yaitu (1) Orientasi religius, yaitu belajar bahasa Arab untuk tujuan memahami dan memahamkan ajaran Islam; (2) Orientasi akademis, yaitu belajar bahasa Arab untuk tujuan memahami ilmu-ilmu dan keterampilan berbahasa Arab yang menempatkan bahasa Arab sebagai disiplin ilmu atau obyek studi yang harus dikuasai secara akademik; (3) Orientasi professional; dan (4) Orientasi ideologis dan ekonomis.

Yang dimaksud dengan orientasi professional adalah belajar bahasa Arab untuk kepentingan profesi, praktis atau pragmatis seperti belajar berkomunikasi lisan dalam bahasa Arab untuk bisa menjadi TKI, diplomat, turis, misi dagang, atau untuk melanjutkan studi di salah satu Negara Timur Tengah. Sedangkan orientasi ideologis dan ekonomis adalah belajar bahasa Arab untuk kepentingan orientalisme, kapitalisme, atau imperialism. Orientasi ini terlihat dari dibukanya beberapa lembaga kursus bahasa Arab di Negara-negara Barat.

Mempelajari Bahasa Arab bagi orang Indonesia (baca: kaum muslimin) pada umumnya mempunyai kepentingan ganda. Pertama, penting bagi mereka yang ingin memperoleh kemudahan dan kesuksesan dalam usahanya mencari ilmu dan nafkah. Kedua, penting bagi kita semua dalam kaitannya dengan keharusan untuk dapat menjalankan perintah agama dengan sempurna. Yang terakhir ini perlu diberi penekanan khusus mengingat kenyataannya ada sejumlah kewajiban syariat yang hanya dapat dipenuhi secara sempurna apabila kita memahami Bahasa Arab.

 

 

 

penulis

Subhan Al Afghani,S.S

 

 

 

 

 

A.         Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

 

B.          Deskripsi

 

                Modul ini adalah modul pembelajaran Bahasa Arab yang disusun sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan peserta didik di SMK AL Ikhwaniyah. Di dalamnya disajikan sejumlah materi untuk membantu siswa kelas X mempelajari  Empat macam standar kompetensi yang harus dikuasainya selama semester ganjil sesuai dengan K13 SMK AL Ikhwaniyah. Empat  Standar Kompetensi tersebut dituangkan dalam Empat kegiatan pembelajaran yaitu yang berkaitan dengan (1) Ta’aruf  ( perkenalan ), (2)  Jati diri (huwiyah), (3) Nama nama hari (asma al ayam),  Nama nama Bulan (syuhurul hijaiyah wa miladiyah),  Waktu, (4) fasilitas Umum ( al mabani al ammah)

 

                Dengan mempelajari Modul ini diharapkan peserta didik dapat lebih memahami konsep-konsep tentang  Ta’aruf  ( perkenalan ),   Jati diri (huwiyah),  Nama nama hari (asma al ayam),  Nama nama Bulan (syuhurul hijaiyah wa miladiyah),  Waktu,  fasilitas Umum ( al mabani al ammah). Sehingga dapat berkomunikasi dengan Bahasa Arab baik secara lisan maupun secara tertulis. Hal ini sangat bermanfaat jika pada suatu saat nanti peserta didik harus berkomunikasi dengan orang berbahasa arab . selain itu kompetensi Bahasa Arab ini juga akan memberi manfaat bagi peserta didik dalam upaya menyempurnakan pelaksanaan kewajiban agama yang membutuhkan pemahaman terhadap Bahasa Arab.

C.         Waktu

                Adapun waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari seluruh bahan ajar dan menguasai semua kompetensi  yang ada di modul ini adalah selama  1 (satu) semester dengan alokasi waktu minimal   36  jam ( 18 X pertemuan; @ 2 jam ).

 

D.         Prasyarat

                Pada dasarnya tidak ada kemampuan khusus yang menjadi prasyrat untuk bisa mempelajari modul ini. Akan tetapi sebaiknya setiap peserta didik yang hendak mempelajari modul ini sudah memiliki bekal berupa kemampuan baca tulis Al-quran (Huruf Hijjaiyah), karena huruf yang dipergunakan dalam Bahasa Arab ini akan sering di jumpai dalam modul ini.

 

 

 

E.         Petunjuk penggunaan Modul

                Agar memperoleh hasil yang optimal dan dapat menguasai kompetensi yang diharapkan, maka setiap peserta didik diharapkan memperhatikan petunjuk dan langkah – langkah berikut ini :

1.          Bacalah terlebih dahulu tujuan kegiatan belajar yang tertera pada awal setiap kegiatan pembelajaran.

2.          Cermatilah dengan seksama contoh materi kajian yang ada pada uraian materi dan buku – buku acuan dari tiap kegiatan pembelajaran sampai mencapai tingkat pemahaman yang optimal.

3.          Kerjakan tugas – tugas yang diperintahkan di setiap kegiatan pembelajaran pada lembaran kerja yang anda sediakan sendiri.

4.          Kerjakan latihan atau tes yang terdapat pada bagian akhir setiap kegiatan pembelajaran dengan sejujur – jujurnya, kemudian minta bantuan guru untuk mengoreksi dan memberikan penilaian.

5.          Apabila dalam mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan latihan terdapat kesulitan, peserta didik hendaknya mendiskusikan dengan teman atau guru pada saat pembelajaran atau tatap muka. Apabila tidak dijumpai kesulitan dan hasil yang dicapai sudah sesuai dengan target ketuntasan kompetensi peserta didik dapat mempelajari kompetensi pembelajaran tersebut.

6.          Bila hasil yang dicapai belum sesuai target ketuntasan kompetensi, maka adakan remedy atau diskusi dengan teman atau menanyakan pada guru pada saat  tatap muka, sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan target ketuntasan kompetensi.

                Disamping itu diharapkan pula agar guru berperan dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini peran guru adalah sebagai berikut :

1.          Membantu peserta didik dalam merencanakan proses belajar.

2.          Mmembimbing peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

3.          Membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep baru dan menjawab pertanyaan mereka mengenai proses belajar.

4.          Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan.

5.          Melaksanakan penilaian.

6.          Menjelaskan kepada peserta didik mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya.

7.          Mencatat pencapaian kemajuan peserta didik.

 

 

F.         Tujuan Akhir

                Setelah mempelajari modul Bahasa Arab 1A ini diharapkan peserta didik dapat :

1.          Mampu membaca Al Qur’an dan tulisan arab dengan baik dan benar

2.          Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan Bahasa Arab

3.          Mampu berkenalan, mengenalkan diri, menanyakan nama hari, bulan, waktu dalam bahasa arab

4.        Dapat mengetahui fasilatas umum dalam bahasa arab

 

G.        Cek Kemampuan

                Berilah tanda centang (√) apabila Anda telah menguasai criteria kinerja berikut ini :

 

اَلْحُرُوْفُ الْهِجَائِيَة

1.         Huruf yang dipergunakan dalam tulisan/ bahasa Arab adalah huruf hijaiyyah yang berjumlah dua puluh sembilan. Huruf hijaiyyah tersebut adalah :

 

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و هـ لا ء ي

2.         Penulisan kata dalam bahasa Arab dilakukan dari kanan ke kiri, dan begitu juga dalam membacanya.

3.         Untuk memudahkan membaca kata, dalam bahasa Arab dipergunakan tanda baca/ baris/ harakat, yaitu :

a.       Baris fathah (  ـــَــ  )  berbunyi “ a “

b.       Baris kasrah (  ـــِــ  ) berbunyi “  i “

c.        Baris dhammah (  ـــُــ  ) berbunyi “ u “

d.       Fathah tanwin ( ــًــ  )  berbunyi “ an “

e.        Kasrah tanwin ( ــٍـ )  berbunyi “ in “

f.        Dhammah tanwin ( ــٌـ ) berbunyi “ un “

g.        Sukun ( ــْـ ) berbunyi huruf mati/ tanpa vokal

h.       Tasydid/syiddah (ــّـ) pertanda huruf dobel/ganda

4.         Dalam penulisannya ada huruf yang dapat bersambung dengan huruf sebelumnya maupun dengan huruf sesudahnya, yaitu :

ب ت ث ج ح خ س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن هـ ي

5.         Sisanya sebanyak 7 huruf hanya dapat bersambung dengan huruf sebelumnya, dan tidak dapat bersambung dengan huruf sesudahnya, yaitu :

ا د ذ ر ز و ء

6.         Cara penulisan huruf hijaiyyah secara detail dapat dilihat pada tabel berikut ini :

 

Contoh

Di akhir

Contoh

Di tengah

Contoh

Di awal

Huruf  Asli

اَنَا

ـــا

يَشَاءُ

…..ــا……

اَلْحَـمْدُ

ا……

ا

اَلْغَيْبُ

….ـــــب

نَـعْبُدُ

….ــــبـــ

بـــِــسْمِ

بـ……

ب

اَلْبَيْتُ

….ـــــت

نَـسْتَعِـيـْنُ

….ــتــ…..

تَـرْمِيْهِمْ

تـ……

ت

حَـدِيْثُ

…ــــــث

مَـثَلُهُمْ

…..ــــثــــ….

ثَـوْبٌ

ثــ…..

ث

ثَـلْـجٌ

ــج

يَـسْجُـدُ

جـ

جَسَـدٌ

جـ

ج

اَلْمَسِيْحُ

ــح

يَـحْسُدُ

ــحـ

حَسَـدٌ

حـ

ح

نَنْسَخْ

ــخ

يَـخْشَى

ــخـ

خَشِيَ

خـ

خ

مَسَـدٌ

….ــد

فَقَدَرَ

ــد….

دُكَتْ

د

د

يَــوْمَـئِـذٍ

ــذ

يَذْهَبُ

ــذ

ذَهَبَ

ذ

ذ

تَـنْهَرُ

ــر

يَـرْضَى

ــر

رَضِـيَ

ر

ر

نُعْجِزُ

ــز

مِيْـزَانٌ

ـــز

زَمَنٌ

ز

ز

لَيْسَ

ــس

يَسْأَلُ

ــســ

سَأَلَ

سـ

س

إِخْشَ

ــش

يَشْهَدُ

ــشــ

شَجَرَةٌ

شـ

ش

يُـخْلِصُ

ــص

يَصْدُرُ

ــصــ

صَدَرَ

صــ

ص

بَعْضُ

ــض

يَضْحَكُ

ــضــ

ضَحِكَ

ضــ

ض

سَلَطَ

ــط

يَـنْـطِـقُ

ــطــ

طَبَـقٌ

طــ

ط

غَلَظَ

ــظ

يَظْهَرُ

ــظــ

ظَهَرَ

ظــ

ظ

مَنَـعَ

ــع

يَــنْعِقُ

ــعــ

عَـيْـنٌ

عــ

ع

بَلَغَ

ـــغ

يَـغْضَبُ

ــغــ

غَضِبَ

غــ

غ

يثوْسُفُ

ــف

يَـفْـقَـهُ

ــفــ

فِيْهَا

فــ

ف

خَلَـقَ

ــق

يَـقْرَأُ

ــقــ

قَرِيْبٌ

قــ

ق

مَلَكَ

ــك

يَكْتُبُ

ــكـ

كَتَبَ

كــ

ك

عَسَلٌ

ــل

يَلْعَبُ

ــلــ

لَـهَبٍ

لـ

ل

الرَحِيْمُ

ــم

يَـمْكُثُ

ــمــ

مَسْجِدٌ

مــ

م

الرَحْـمَنُ

ــن

جَهَنَمُ

ــنــ

نَعْقِلُ

نــ

ن

عَجِبُوْ

ــو

فَسَوْفَ

ــو

وَصَلَ

و

و

مَالَهُ

ــه

يَهْدِى

ــهـ

هَــذَا

هــ

هـ

طِفْلاً

ــلا

يُلاَعِــنُ

ــلا

لاَعَـنَ

لا

لا

يَشَاءُ

ء

يَسْتَهْـزِءُوْنَ

ء

ءَ أَنْتَ

ء

ء

يَسْتَحْيِ

ــي

شَيْئًا

ــيـ

يَغْفِـرَ

يـ

ي

 

Keterangan :

  • Huruf yang ketika di awal, di tengah atau di akhir menggunakan tanda ـــ artinya huruf tersebut bisa disambung dengan huruf sebelumnya atau sesudahnya
  • Adapun huruf yang hanya di beri tanda titik-titik (…..) ketika di awal, di tengah atau di akhir artinya huruf tersebut tidak bisa di sambung dengan huruf sebelumnya atau sesudahnya
  • Pada edisi selaanjutnya Insyaallah kita akan belajar tentang huruf-huruf yang bisa disambung dan yang tidak bisa disambung dengan lebih detail lagi
  • Mohon koreksi apabila ada kesalahan
  • Selamat memanfaatkan. Mudah-mudahan menjadi amal soleh

 

 

 












Pertemuan pertama 1 - 3

Materi Pembelajaran

Perkenalan ( التَّعَارُفْ)

اَحْمَدُ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ.

عُمَر : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ.

اَحْمَدُ : اَنَا اَحْمَدُ.

عُمَر : أَهْلاً اَحْمَدُ, اَنَا عُمَر

اَحْمَدُ : مَرْحَبًا عُمَرْ, كَيْفَ حَلُكَ ؟

عُمَر : بِخَيْرِ ,الحَمْدُ لِلَّهِ. وَ اَنْتَ ؟                                                                                                                                                                    

اَحْمَدُ : بِا لصِّحَةِ, الحَمْدُ لِلَّهِ.

عُمَر : هَلْ تَعْرِفُ هَذَا الصَّاحِبْ

اَحْمَدُ : أَ ذَلِكَ صَفْيَان؟

عُمَر : نَعَمْ, هَذَا صَفْيَانْ, وَمَنْ تِلْكَ ؟

اَحْمَدُ : أَهْلاً صَفْيَان, هَذِهِ فَاطِمَةُ.

عُمَر :  أَهْلاً فَاطِمَةُ,  سُرِرْتُ بِلِقَائِكَ.

اَحْمَدُ : اِلىَ اللِّفَاءْ.

عُمَر : فِيْ اَمَانِ الله.

 

المفردات = Kosa Kata

اَنَا       = Saya / Aku (L,P)

هَذِهِ     = Ini ( L,1 )

اَهْلاً  /  مَرْحَبًا  = Selamat

كَيْفَ  =  Bagaimana

بِخَيْرٍ    =  Baik-baik saja

وَ       =Dan

اَنْتَ   = Kamu (Lk)

أَنْتِ   = Kamu (Pr)

بِالصِّحَةِ  = Sehat

اِلىَ اللِّفَاءْ = Sampai Jumpa

هَلْ  \ أ   = Apakah

تَعْرِفُ  =Anda Kenal

ذَلِكَ       = Itu (Lk)

مَنْ      = Siapakah

تِلْكَ    = Itu (Pr)

هَذَا     = Ini (laki-laki)

سُرِرْتُ ِ = Saya senang                   

لِقَئِكَ   =  Bertemu Anda

فِيْ       = Di / didalam

اَمَانِ    = Lindungan

 

Kegiatan Belajar

1.     Siswa membaca Percakapan di atas dan mentransfer bacaannya ke Bahasa Indonesia dengan mengikuti panduan/ arahan berikut ini.

 

AT-Ta’aruf

 Ahmad       : Assalamualaikum.                    

Umar            : Waalaikumussalam.

 Ahmad       : Ana ………                                

Umar            : Ahlan Ahmad, Ana ………..  

 Ahmad       : Marhaban …………, Kaifa …………..?             

Umar            : ……………….., Alhamdulillah, wa …..

 Ahmad       : …………...., Alhamdulillah.                    

Umar            : Hal Ta’rifu Haza ………...?

 Ahmad       :  A Zalika ………...                                    

Umar            :  Na’am, Haza ………, wa man ………....?

 Ahmad       : ………..Sofyan, Hazihi ……….            

Umar            : ………... Fatimah, surirtu  …………..?

 Ahmad       : Ilal ………….                                            

Umar            : fi aman ………....

 

2.     Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan benar !

 

1.    كَيْفَ حالُكَ يَاعُمَرْ ؟

     الجواب : ....................     

2.     وَاَنْتَ ؟

الجواب : ....................

3.     أ ذَلِكَ صَفْيَانُ ؟

الجواب : ....................

4.     وَمَنْ تِلْكَ ؟

الجواب : ....................

5.     اِلَى اللِقَاءْ ؟

الجواب : ....................

Contoh Perkenalan

  • Percakapan Pertama A

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

خَالِد

Assalamu'alaikum.

Khalid

Assalamu'alaikum.

Khalid

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

خَلِيْل

Wa'alaikumussalam.

Khalil

Wa'alaikumussalam.

Khalil

اِسْمِي خَالِدٌ، مَا اسْمُكَ؟

خَالِد

Namaku Khalid, dan kamu?

Khalid

My name is Khalid, what’s your name?

Khalid

.اِسْمِي خَلِيْلٌ

خَلِيْل

Namaku Khalil.

Khalil

My name is Khalil.

Khalil

كَيْفَ حَالُكَ؟

خَالِد

Bagaimana kabarmu?

Khalid

How are you?

Khalid

بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ. وَكَيْفَ حَالُكَ أَنْتَ؟

خَلِيْل

Alhamdulillah, aku baik.
Dan bagaimana denganmu?

Khalil

Alhamdulillah, I’m fine.
And how are you?

Khalil

.بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ

خَالِد

Alhamdulillah, aku baik.

Khalid

Alhamdulillah, I’m fine too.

Khalid

 

  • Percakapan Pertama B

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

خَوْلَة

Assalamu'alaikum.

Khaulah

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

خَدِيْجَة

Wa'alaikumussalam.

Khadijah

اِسْمِي خَوْلَةُ، مَا اسْمُكِ؟

خَوْلَة

Namaku Khaulah, dan kamu?

Khaulah

.اِسْمِي خَدِيْجَةُ

خَدِيْجَة

Namaku Khadijah.

Khadijah

كَيْفَ حَالُكِ؟

خَوْلَة

Bagaimana kabarmu?

Khaulah

بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ. وَكَيْفَ حَالُكِ أَنْتِ؟

خَدِيْجَة

Alhamdulillah, aku baik.
Dan bagaimana denganmu?

Khadijah

.بِخَيْرٍ. وَالحَمْدُ للهِ

خَوْلَة

Alhamdulillah, aku baik.

Khaulah

 

 





Pertemuan ke 4

Perkenalan (التعارف)

 

 

  • Percakapan Kedua A

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

مُحَمَّد

Assalamu'alaikum.

Muhammad

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

شَرِيْف

Wa'alaikumussalam.

Syarif

مِنْ أَيْنَ أَنْتَ؟

مُحَمَّد

Dari mana kamu berasal?

Muhammad

.أَنَا مِنْ بَاكِسْتَان

شَرِيْف

Aku dari Pakistan.

Syarif

هَلْ أَنْتَ بَاكِسْتَانِيٌّ؟

مُحَمَّد

Apakah kamu warga Pakistan?

Muhammad

نَعَمْ، أَنَا بَاكِسْتَانِيٌّ. وَمَا جِنْسِيَّتُكَ أَنْتَ؟

شَرِيْف

Iya, aku warga Pakistan.
Dan apa kewarganeraanmu?

Syarif

.أَنَا تُرْكِيٌّ، أَنَا مِنْ تُرْكِيَا

مُحَمَّد

Aku warga Turki, dan berasal dari Turki.

Muhammad

.أَهْلًا وَسَهْلًا

شَرِيْف

Salam kenal.

Syarif

 

  • Percakapan Kedua B

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

مَرْيَم

Assalamu'alaikum.

Maryam

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

زَيْنَب

Wa'alaikumussalam.

Zainab

مِنْ أَيْنَ أَنْتِ؟

مَرْيَم

Dari mana kamu berasal?

Maryam

.أَنَا مِنْ مِصْرَ

زَيْنَب

Aku dari Mesir.

Zainab

هَلْ أَنْتِ مِصْرِيَّةٌ؟

مَرْيَم

Apakah kamu warga Mesir?

Maryam

نَعَمْ، أَنَا مِصْرِيَّةٌ. وَمَا جِنْسِيَّتُكِ أَنْتِ؟

زَيْنَب

Iya, aku warga Mesir.
Dan apa kewarganeraanmu?

Zainab

.أَنَا سُوْرِيَّةٌ، أَنَا مِنْ سُوْرِيَا

مَرْيَم

Aku warga Syiria, dan berasal dari Syiria.

Maryam

.أَهْلًا وَسَهْلًا

زَيْنَب

Salam kenal.

Zainab

 

 

 

 

 

 

 

  • Percakapan Ketiga A

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

أَحْمَد

Assalamu'alaikum.

Ahmad

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

بَدْر

Wa'alaikumussalam.

Badr

.هَذَا أَخِي، هُوَ مُدَرِّسٌ

أَحْمَد

Ini saudaraku, dia seorang guru.

Ahmad

.أَهْلًا وَسَهْلًا

بَدْر

Salam kenal.

Badr

.هَذَا صَدِيْقِي، هُوَ مُهَنْدِسٌ

أَحْمَد

Ini temanku, dia seorang insinyur.

Ahmad

.أَهْلًا وَسَهْلًا

الأَخ

Salam kenal.

Saudara

.مَعَ السَّلَامَةِ

أَحْمَد

Selamat tinggal.

Ahmad

.مَعَ السَّلَامَةِ

بَدْر

Selamat tinggal.

Badr

 

 

  • Percakapan Ketiga B

.السَّلَامُ عَلَيْكُمْ

نَدَى

Assalamu'alaikum.

Nada

.وَعَلَيْكُمُ السَّلَامُ

هُدَى

Wa'alaikumussalam.

Huda

.هَذِهِ أُخْتِي، هِيَ طَبِيْبَةٌ

نَدَى

Ini saudariku, dia seorang dokter.

Nada

.أَهْلًا وَسَهْلًا

هُدَى

Salam kenal.

Huda

.هَذِهِ صَدِيْقَتِي، هِيَ طَالِبَةٌ

نَدَى

Ini temanku, dia seorang pelajar.

Nada

.أَهْلًا وَسَهْلًا

الأُخْتُ

Salam kenal.

Saudari

.مَعَ السَّلَامَةِ

نَدَى

Selamat tinggal.

Nada

.مَعَ السَّلَامَةِ

هُدَى

Selamat tinggal.

Huda

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 5 -6

1.       Ulangan (Pertemuan 1-4)

2.       Materi Ucapan permintaan Ma’af

عَفْوًا

Maaf/permisi

اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ

Harap maafkan aku

أَعْتَدِرُكُمْ عَلٰى تَأَخُّرِى

Maafkan aku karena terlambat

عَفْوًاجِئْتُ  مُتَأَخِّرًا

Maafkan aku karena terlambat

أَعْتَدِرُكُمْ علٰى إِزْعَاجِى

Maaf aku menggangu!

مَهْلًا

Tunggu sebentar!

سَامِحْنِى عَدَمِ الْاِشْتِرَاكِ

Bolehkah aku tak ikut serta!

لَوْسَامَحْتَ

Izinkanlah/Mohon Maaf

سَامِحْنِى علٰى عَدَمِ مُشَارَكَتِى فِي الْاِجْتِمَاعِ

Izinkanlah aku utk tak ikut rapat

عَفْوًااَنَالَاأَسْتَطِيْعُ مُسَاعَدَتَكَ

Maaf, aku tak dapat membantu anda

اَسِفْ جِدًّا

Maaf sekali

اَنَامُتَأَسِفُ عَلٰى الْاِزْعَاجِ

Saya menyesal telah menggangu anda

اَنَا حَزِيْنٌ علٰى عَدَمِ عِيَادَتِكَ

Saya kecewa anda tak datang mengunjungiku

أَعْتَدِرُكُمْ علٰى اهْمَالِى إِلَيْكَ

Maafkanlah aku tealah membiarkan anda menunggu

أَعْتَدِرُكُمْ علٰى عَدَمِ اِهْتِمَامِى بِكَ

Maafkanlah aku telah membiarkan anda menunggu

عَفْوًاعَلٰى وَقِيْحِى إِلَيْكَ

Maafkan atas ke kasaran aku

عَفْوًا مِنْكُمْ عَلٰى كَلَامِىْ

Harap maafkan aku atas kata-kata aku

اَلْعَفْوُ مِنْكُمْ علٰى عَدَمِ وَفَائِى لِمَوْعِدَتِنَا

Saya mohon maaf atas kelupaan aku akan janji KITA

اَرْجُوْ مِنْكَ اَلْعَفْوُ

Saya harus mohon maaf pada anda

أَعْتَدِرُكُمْ علٰى كُلِّ الْخَطِيْئَةِ

Saya mohon maaf jika ada yg salah

أَعْتَدِرُكُمْ علٰى خِيَانَتِى لِلْوَعِدْ

Saya mohon maaf atas kesalahan aku mengingkari janji

أَعْتَدِرُكُمْ مِنْ كُلِّ كَلَامِىْ

Saya mohon maaf atas perkataan aku

لَا أَقْصُدُ جَرْحَ قَلْبِكَ

Saya tak bermaksud melukai hati anda

لَا تَغْضَبْ

Jangan marah

أَخْطَاْتُ

Saya bersalah

هَذَا خَطَأْتِى

Ini kesalahan aku

اَرْجُوْفَسيْحُ قَلْبِكَ

Saya harap anda tak akan marah

سَامِحْنِى اَنْ اُعَبِّرَ اِعْتِذَارِى

Perkenankan aku menyatakan penyesalan

اَلْعَفْوُ عَلٰى سُوْءِ التَّفَهُّمِ اَللهُ يَهْدِيْنَا

Saya menyesali kesalahfahaman aku

لَااَفْعَلَهُ بِالْقَصْدِ

Saya tak sengaja melakukannya

لَيْسَ خَطَأَكَ

Bukan kesalahan anda

لَاتَحْسِبْنِىْ وَقِيْحًا

Jangan menganggap aku tak sopan



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 7- 8

Jati diri



السَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

أَصْدِقَائِيْ الطَّلَبَة الأَحِبَّاء

Sahabat-sahabatku yang saya cintai.

 

إِسْمَحُولِيْ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ نَفْسِيْ

Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri.

 

إِسْمِيْ أَحْمَد

Nama saya Ahmad.

 

أَنَا مِنْ بَانْدُوْنج

Saya dari Bandung.

 

عُنْوَانِي فِي شَارِع سُوكَارْنَو حَتَّا رَقْم السَّبْعَة

Alamat saya di Jl. Soekarno Hatta no.7.

 

هِوَايَتِيْ القِرَاءَة

Hobi saya membaca.

 

شِعَارِيْ "كُنْ عَالِمًا وَلَا تَكُنْ جَاهِلًا!"

Motto hidup saya adalah ~ Jadilah orang yang berilmu dan jangan jadi orang yang bodoh! ~.

 

أُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّة، لِكَوْنِهَا لُغَةَ القُرْآن.

Saya suka bahasa Arab karena ia merupakan bahasa Al-Qur’an.

 

تَخَرَّجْتُ فِي المَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الإِسْلَامِيَّةِ الحُكُوْمِيَّة

Saya alumni Madrasah Aliyah Negeri.

 

هَلْ لَدَيْكُمْ السُّؤَال؟

Apakah ada pertanyaan?.

 

وَإِلَّا فَكَفَيْتُ بِهذا، شُكْرًا لِحُسْنِ اهْتِمَامِكُم

Jika tidak ada dicukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya.

 

والسَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

 

 

 

 

 

 

 

 


السَّلَامُ عَلَيْكُم ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُه

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

 

 

أَصْدِقَائِيْ الطَّلَبَة الأَحِبَّاء

Sahabat-sahabatku yang saya cintai.

 

إِسْمَحُولِيْ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ نَفْسِيْ

Perkenankan saya untuk memperkenalkan diri.

 

إِسْمِيْ عَائِشَة

Nama saya Aisyah.

 

تَوَلَّدْتُ فِي سُوْرَابَايَا فِي تَارِيْخِ الأَوَّل مِنْ يَنَايِر سَنَةَ أَلْفَيْنِ وَأَرْبَعٍ

Saya lahir di Surabaya tanggal 1 Januari 2004.

 

 

وَالآنْ عُمْرِيْ خَمْسَةَ عَشَرَ سَنَةً

Umur saya sekarang 15 tahun.

 

أَنَا تِلْمِيْذَةٌ

Saya seorang siswi.

 

تَخَرَّجْتُ فِي المَدْرَسَةِ المُتَوَسِّطَةِ الإِسْلَامِيَّةِ الحُكُوْمِيَّة

Saya alumni Madrasah Tsanawiyah Negeri.

 

عُنْوَانِي فِي شَارِع مُوْسْتِيْكَا رَقْمُ الوَاحِد

Alamat saya di Jl. Mustika no.1.

 

هِوَايَتِيْ الكِتَابَة

Hobi saya menulis.

 

شِعَارِيْ "كُنْ عَالِمًا وَلَا تَكُنْ جَاهِلًا!"

Motto hidup saya adalah ~ Jadilah orang yang berilmu dan jangan jadi orang yang bodoh! ~.

 

أُحِبُّ اللُّغَةَ العَرَبِيَّة، لِكَوْنِهَا لُغَةَ القُرْآنِ وَالسُّنَّةِ.

Saya menyukai bahasa Arab karena ia merupakan bahasa Al-Qur’an dan Al-Hadits.

 

 

هَلْ لَدَيْكُمْ السُّؤَال؟

Apakah ada pertanyaan?.

 

وَإِلَّا فَكَفَيْتُ بِهذَا، شُكْرًا لِحُسْنِ اهْتِمَامِكُمْ

Jika tidak ada dicukupkan sampai disini, terimakasih atas perhatiannya.

 

والسَّلَامُ عَلَيْكُمْ ورَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 9 – 10

Nama Hari Dan Bulan Dalam Bahasa Arab

 

Satu Hari 

يَوْمٌ

Yaum

Satu Minggu

اُسْبُوْعٌ

Usbuu'

1.       Minggu

اَلْاَحَدْ

Ahad

2.       Senin

اَلْإِثْنَيْن

Itsnain

3.       Selasa

اَلثُّلاَثَاء

tsulatsa'

4.       Rabu

اَلْاَرْبَعَاءُ

Arbia'

5.       Kamis

اَلْخَمِيسُ

Khamiis

6.       Jum'at

اَلْجُمُعَةْ

Jumu'ah

7.       Sabtu

اَلسَّبْتُ

Sabtu

 

 

 

Bulan-Bulan Masehi

شُهُوْرُالْمِلَادِيَّةِ

Januari

يَنَايِرُ

Yanaayir

Februari

فَبْرَايِرُ

Fabraayir

Maret

مَارِسْ

Maaris

April

أَبْرِيْل

Abriil

Mei

مَايُوْ

Maayuu

Juni

يُوْنِيُو

Yuuniyuu

Juli

يُوُلِيُوْ

Yuuliyuu

Agustus

أَغُسْطُسْ

Aghustus

September

سِبْتِمْبِرْ

Sibtimbir

Oktober

أُكْتُوْبِر

Uktuubir

November

نُفَمْبِر

Nupambir

Desember

دِيْسَمْبِرْ

Diisambir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 11 -12

Ulangan

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab

 

 

Description: nama-nama bulan dalam bahasa arab

 

 

 

 

 

تَقْوِيْمُ الْهِجْرِى

Muharram

مُحَرَّمٌ

Safar

صَفَرٌ

Rabi'il awal

رَبِيْعُ الْاَوَّلِ

Rabi'il sani

رَبِيْعُ الثَّانِى

Jumadil awal

جُمَادِ الْاَوَّلِ

Jumadil sani

جُمَادِالثَّانِى

Rajab

رَجَبُ

Sya'ban

شَعْبَانُ

Ramadan

رَمْضَانُ

Syawal

شَوَالٌ

Zul qa'dah

ذُوالْقَعْدَةِ

Zul hijjah

ذُوْالْحِجَّةِ

Beberapa hari

اَيَّامٌ

Ayyaam

Sebelum

قَبْلَ

Qobla

Sesudah

بَعْدَ

Ba'da

Sekarang

اَلْاَنَ

Al Ana

Kemarin

اَمْسِ

Amsi

Besok

غَدًا

Ghadan

Hari apa?

مَاالْيَوْمُ

Maalyaum?

Besok Lusa

بَعْدَالْغَدِ

Ba'dal Ghad

Kemarin Lusa

قَبْلَ الْاَمْسِ

Qoblal Amsi

 

 

 

Pertemuan ke 12

1.       Materi Keterangan waktu

 

 

  1. sekarang = الْآَن (al-ān)
  2. besok = غَـــــــــدًا (ghadan)
  3. kemarin = أَمْــــــــــــس  (ams)
  4. besok lusa = بعــــــــد غد (ba’da ghad)
  5. kemarin lusa = أول أمــــــــــس (awwal-ams)
  6. hari ini = الْيَــــــــــــــوْم (al-yaum)
  7. Nanti = فِيْــــــــــمَا بَعْـــــــــد (fīmā ba’d)
  8. Nanti malam = اللَّيــــــــــــــــلة (al-lailah)
  9. pagi hari = صَبَــــــــــــاحًا (ṣabāhan) 
  10. sore hari = عَشِيَّـــــــــــةً (‘Asyiyyatan)

  11. malam hari = مَسَـــــــــــــــــــاءًا (masā-an)
  12. telah/sudah/sebelumnya = سَــــــابِـــــــقَــــــا (sābiqan)
  13. akhir-akhir ini = مُـــؤَخَّــــــــــــرًا (mu-akh-kharan)
  14. segera = قَرِيْـــــــــــــــبًا  (qarīban)
  15. masih = مَــــــــــازال (māzāl)
  16. belum = ليـــــــــس بعد (laisa ba’d)
  17. sesaat/sebentar = لَحْظَـــــــــــــةً (lahẓah)
  18. tidak pernah = أبــــــــــدَا (abadan)
  19. selamanya = الى الأبــــــد (ilal-abad)
  20. segera/sekaligus = فـــــــــــوراً / على الفور (fauran/’alal-faur)

 

 

 

Latihan

-          ­ Buatlah 5 kalimat keterangan waktu!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

pertemuan ke 13 -15

Jam  سَاعَة )

Description: Kaligrafi Hiasan Dinding Lafadz Allah Muhammad & Jam Dinding JW-01 ...

Bahasa Arab jam jika dituliskan dalam haruf Arab adalah ( سَاعَة )
Cara bacanya: saa’ah
Artinya: ”jam

Nah itulah bahasa Arabnya jam sudah kita ketahui bersama pada tulisan di atas, berikutnya akan kita  pelajari kosakata tentang jam atau waktu yang menunjukan pukul.

 

Kosakata Bahasa Arab tentang Jam Mulai Pukul 01:00 wib – 12:00 wib

No

Bacaan Latin

Bacaan Arab

Artinya

1

assaa’atu al waahidatu

السَّاعَةُ الوَاحِدَةُ

Jam 1 

2

assa’atu atssaaniyahtu

السَّاعَةُ الثَّانِيَةُ

Jam 2

3

assaa’atutssaalitsatu

السَّاعَةُ الثَّالِثَةُ

Jam 3 

4

assaa’aturroobi’atu

السَّاعَةُ الرَّابِعَةُ

Jam 4

5

assaa’atu alhaamisatu

السَّاعَةُ الخَامِسَةُ

Jam 5 

6

assaa’atussaadisatu

السَّاعَةُ السَّادِسَةُ

Jam 6 

7

assaaa’atussaabi’atu

السَّاعَةُ السَّابِعَةُ

Jam 7 

8

 assaa’atutssaaminatu

السَّاعَةُ الثَّامِنَةُ

Jam 8

9

assaa’atu ttaasi’atu

السَّاعَةُ التَّاسِعَةُ

Jam 9 

10

assaa’atu al ‘aasyirotu

السَّاعَةُ العَاشِرَةُ

Jam 10 

11

assaa’atu al hadiyah ‘asyroh

السَّاعَةُ الحَادِيَةَ عَشْرَةَ

Jam 11 

12

assaa’atutssaaniyah ‘asyroh

السَّاعَةُ الثَّانِيَةَ عَشْرَةَ

Jam 12 

 

Kosakata Bahasa Arab tentang Satuan Jam

No

Bacaan Latin

Bacaan Arab

Arti

1

saa’atun waahidatun

سَاعَةٌ وَاحِدَةٌ

Satu Jam

2

saa’ataani

سَاعَتَانِ

Dua Jam

3

tsalaatsu saa’aatin

ثَلَاثُ سَاعَاتٍ

Tiga Jam

4

arba’u saa’aatin

اَرْبَعُ سَاعَاتٍ

Empat Jam

5

khomsu saa’aatin

خَمْسُ سَاعَاتٍ

Lima Jam

6

sitn saa’aatin

سِتُّ سَاعَاتٍ

Enam Jam

7

sab’un saa’aatin

سَبْعُ سَاعَاتٍ

Tujuh Jam

8

assaa’atutsaaminatu

السَّاعَةُ الثَّامِنَةُ

Delapan Jam

9

Tas’u saa’atain

تِسْعُ سَاعَاتٍ

Sembilan Jam

10

‘asyru saa’aatin

عَشْرُ سَاعَاتٍ

Sepuluh Jam

 

 

Kosakata tentang Turunan Seputar Jam dalam Bahasa Arab

Berikut di bawah ini tabel tentang kosakata turunan seputar jam dalam bahasa Arab.

 

No

TURUNAN JAM

Bunyi Bacaan

ARAB

1

assaa’atu alhaa ithiyyah

السَّاعَةُ الحَائِطِيَّةُ

Jam Dinding

2

assaa’atu alyadawiyyah

السَّاعَةُ اليَدَوِيَّةُ

Jam Tangan

3

daqiiqotun jim daqoo iqu

دَقِيْقَةٌ جـ دَقَائِقُ

Menit

4

tsaaniyah jim tsawaani

ثَانِيَةٌ جـ ثَوَانٍ

Detik

5

wa

وَ

Lewat/Lebih (dari)

6

li’a

ِلاَّ

Kurang (dari)

7

khumsu daqoo iq

خَمْسُ دَقَائِقَ

5 Menit

8

‘asyru daqoo iq

عَشْرُ دَقَائِقَ

10 Menit

9

nishfu saa’ah

نِصْفُ سَاعَةٍ

Setengah Jam/30 Menit

10

rub’u saa’ah

رُبْعُ سَاعَةٍ

Seperempat Jam/15 Menit

11

qobla daqiiqotin

قَبْلَ دَقِيْقَةٍ

Semenit yang lalu

12

qobla saa’atin

قَبْلَ سَاعَةٍ

Sejam yang lalu

13

‘aqrobussaa’aati jim ‘aqooribussaa’ati

عَقْرَبُ السَّاعَةِ جـ عَقَارِبُ السَّاعَةِ

Jarum Jam

14

saa’atun jim saa’aatun

سَاعَةٌ جـ سَاعَاتٌ

Jam/Pukul

 

Contoh Penggunaan Kalimat Menggunakan kata Jam

Setelah kita mengetahui dan menghafal tetang kosakata jam dan waktu berikut contoh kalimatnya. Bahasa Indonesianya: Jam 10 lebih 20 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ العَاشِرَةُ وَالثُّلْثُ

Bahasa Indonesianya: Jam 7 kurang 10 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ السَّابِعَةُ إِلَّا عَشْرُ دَقَائِقَ

Bahasa Indonesianya: Jam 1 kurang 5 menit
Bahasa Arabnya: السَّاعَةُ الوَاحِدَةُ إِلَّا خَمْسُ دَقَائِقَ

Nah, itulah sedikit contoh kalimat percakapan yang menggunakan kata-kata jam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan ke 16 -18

Pasilitas Umum

اَلْمَرَافِقُ الْعَامَّةُ

Al marofiqulammah

 

A.    Pasilitas Umum

 

 

1.       Tempat ( ٌمَكَانٌ جـ أَمْكِنَة ).

2.       Agen Travel ( ِوَكَالَةُ السَّفَر ).

3.       Aparteman ( ٌشَقَّةٌ جـ شُقَق ).

4.       Apotek ( ٌصَيْدَلِيَّةٌ جـ صَيْدَلِيَّات ).

5.       Bandara/Airport ( ٌمَطَارٌ جـ مَطَارَات ).

6.       Bank ( ٌبَنْكٌ جـ بُنُوْك ).

7.       Bioskop ( السِّيْنِمَا ).

8.       Cafe/Warung Kopi ( مَقْهَى جـ مَقَاهِي ).

9.       Fakultas ( ٌكُلِّيَّةٌ جـ كُلِّيَّات ).

10.   Gudang ( ُمَخْزَنٌ جـ مَخَازِن ).

11.   Gelanggang Olah Raga ( النَّادِي الرِّيَاضِي ).

12.   Halte Bis ( ِمَوْقِفُ الحَافِلَات ).

13.   Halte Taksi ( ِمَوْقِفَ سَيَّارَاتِ الأُجْرَة ).

14.   Hotel ( ُفُنْدُقٌ جـ فَنَادِق ).

15.   Jalan Raya ( ُشَارِعٌ جـ شَوَارِع ).

16.   Kantin ( ُمَقْصَفٌ جـ مَقَاصِف ).

17.   Kantor ( ُمَكْتَبٌ جـ مَكَاتِب ).

18.   Kantor Pos ( ِمَكْتَبُ البَرِيْد ).

19.   Kebun Binatang ( ِحَدِيْقَةُ الحَيَوَانَات ).

20.   Kedutaan ( ٌسِفَارَةٌ جـ سِفَارَات ).

21.   Klinik ( ٌعِيَادَة ).

22.   Kolam Renang ( ُمَسْبَحٌ جـ مَسَابِح ).

23.   Lapangan ( ُمَلْعَبٌ جـ مَلَاعِب ).

24.   Lift ( ُمِصْعَدٌ جـ مَصَاعِد ).

25.   Masjid ( ُمَسْجِدٌ جـ مَسَاجِد ).

26.   Museum ( ُمَتْحَفٌ جـ مَتَاحِف ).

27.   Pabrik ( ُمَصْنَعٌ جـ مَصَانِع ).

28.   Pameran ( ُمَعْرِضٌ جـ مَعَارِض ).

29.   Pantai ( ِشَاطِئُ البَحْر ).

30.   Parkiran Mobil ( ِمَوْقِفُ السَّيَّارَات ).

31.   Pasar ( ٌسُوْقٌ جـ أَسْوَاق ).

32.   Pelabuhan ( ُمِيْنَاءٌ جـ مَوَانِئ ).

33.   Pengadilan ( ُمَحْكَمَةٌ جـ مَحَاكِم ).

34.   Penjara ( ٌسِجْنٌ جـ سُجُوْن ).

35.   Perpustakaan ( ٌمَكْتَبَةٌ جـ مَكْتَبَات ).

36.   Perusahaan ( ٌشَرِكَةٌ جـ شَرِكَات).

37.   Pesantren ( ُمَهْعَدٌ جـ مَعَاهِد ).

38.   Pom Bensin ( ِمَحَطَّةُ الوَقُوْد ).

39.   Pos/Kantor Polisi ( ِمَكْتَبُ الشُّرْطَة ).

40.   Puskesmas ( ٌمُسْتَوْصَفٌ جـ مُسْتَوْصَفَات ).

41.   Restoran/Rumah Makan ( ُمَطْعَمٌ جـ مَطَاعِم ).

42.   Rumah Sakit ( ٌمُسْتَشْفَى جـ مُسْتَشْفَيَات ).

43.   Sekolah ( ُمَدْرَسَةٌ جـ مَدَارِس ).

44.   Stasiun ( مَحَطَّةُ القِطَارَاتِ ).

45.   Taman ( ُبُسْتَانٌ جـ بَسَاتِيْن ).

46.   Teater ( ُمَسْرَحٌ جـ مَسَارِح ).

47.   Tempat Pemakaman Umum ( ُمَقْبَرَةٌ جـ مَقَابِر ).

48.   Terminal Bus ( مَحَطَّةُ الحَافِلَات ).

49.   Toko ( دُكَّانٌ جـ دَكَاكِيْن ).

50.   Toko Buku ( مَكْتَبَةٌ جـ مَكْتَبَات ).

51.   Toko Bunga ( مَحَّلٌ لِبَيْعِ الزُّهُوْر ).

52.   Trotoar ( رَصِيْفٌ جـ أَرْصِفَة ).

53.   Universitas ( جَامِعَةٌ جـ جَامِعَات ).

54.   Warung Kelontong (بَقَّالَة ).

55.   WC/Toilet (حَمَّامٌ جـ حَمَّامَات ).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.      Contoh percakapan tentang fasilitas umum

 

Teks Percakapan

Subjek

No

أَيْنَ تَسْكُنُ الآنَ يَا بَدْرُ ؟

أَحْمَدُ

1

Dimana kamu tinggal sekarang, wahai Badar?

Ahmad

. أَسْكُنُ فِي القَرْيَةِ

بَدْرٌ

2

Aku tinggal di desa.

Badar

لِمَاذَا تَرَكْتَ المَدِيْنَةَ ؟

أَحْمَدُ

3

Mengapa kamu meninggalkan kota?

Ahmad

. القَرْيَةُ هَادِئَةٌ ، وَالهَوَاءُ نَقِيٌّ

بَدْرٌ

4

(Di) desa tenang, dan udara bersih.

Badar

، وَلَكِنْ فِي المَدِيْنَةِ جَامِعَاتٌ
. وَمُسْتَشْفَيَاتٌ ، وَشِرَكَاتٌ ، وَأَسْوَاقٌ

أَحْمَدُ

5

Tapi di kota kan ada universitas,
rumah sakit, perusahaan, dan mall.

Ahmad

، وَفِي المَدِيْنَةِ ضَوْضَاءٌ ، وَتَلَوُّث
. وَازْدِحَامٌ

بَدْرٌ

6

Dan di kota (juga ada) kebisingan,
polusi, dan kemacetan.

Badar

، لِمَاذَا تَسْكُنُ فِي القَرْيَةِ
وَأَنْتَ تَعْمَلُ فِي المَدِيْنَةِ ؟

أَحْمَدُ

7

Mengapa kamu tinggal di desa,
dan bekerja di kota?

Ahmad

. لَيْسَ هُنَاكَ مُشْكِلَةٌ

بَدْرٌ

8

Tidak ada masalah.

Badar

كَيْفَ تَذْهَبُ إِلَى المَدِيْنَةِ ؟

أَحْمَدُ

9

Bagaimana kamu pergi ke kota?

Ahmad

. أَذْهَبُ بِالقِطَارِ

بَدْرٌ

10

Aku naik kereta.

Badar

كَمْ تَسْتَغْرِقُ الرِّحْلَةُ إِلَى المَدِيْنَةِ ؟

أَحْمَدُ

11

Berapa lama perjalanan ke kota?

Ahmad

. تَسْتَغْرِقُ سَاعَةً وَنِصْفَ سَاعَةٍ تَقْرِيْبًا

بَدْرٌ

12

Butuh sekitar satu setengah jam.

Badar

 

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgct1mTNSlhpedStchrNuhpkyxsMOAGZ9EnyYnwWp6HsyQvhVBn6LuCVEA9shzMzA-J9Gten1y5AMtFJtA8T-fbJZCMxdCquAydrm0Koxm8QKi1oPp1z8SIruxSDcaKbM6u6XIY_8nRO3g/s1600/terima+kasih+bahasa+arab.jpg

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar